Mengenal Fungsi Cut dan Copy Sebuah Object di CorelDraw

PERHATIAN dan MOHON MAAF!

Setiap undangan yang belum tercantum daftar harganya pada blog ini, mohon maaf belum dapat kami produksi. Anda dapat klik pada website http://kamajaya.info/ untuk produk undangan yang siap kami produksi. 

Cut dan Copy memiliki fungsi yang hampir sama kegunaannya. Tetapi keduanya juga memiliki sedikit perbedaan. Cut adalah upaya untuk memotong sebuah objek yang kemudian dapat di paste. Objek yang telah di cut akan menghilang. Seperti kita memotong sebagian dari lembaran kertas yang kemudian potongan tersebut dapat di tempel di tempat lain. Maka bekas potongan tersebut akan berlubang atau hilang. Sedangakn Copy adalah sebuah fungsi untuk menggandakan objek tetapi tidak membuat objek yang di copy menghilang. Objek yang telah dilakukan copy tidak akan hilang. Dibawah ini adalah penjelasan tutorial CorelDraw sebagai pengenalan fungsi cut dan Copy.

Select an Object

Fungsi Cut dan Copy  di CorelDraw

Pilih Pick Tool dan pilih objek atau benda yang ingin Anda Cut atau Copy. Ketika sebuah benda di Cut atau di Copy, maka akan dipindahkan ke Clipboard Windows. Bayangkan ada sebuah layar kecil yang bersembunyi di komputer Anda dengan gambar. Ketika Anda melakukan paste, gambar diambil dari Clipboard. Gambar tetap pada Clipboard sampai Anda meng-cut atau melakukan paste lagi. Gambar akan tetap pada Clipboard sampai gambar tersebut digantikan oleh cut atau copy yang lain.  Dan ketika kita melakukan Shutting down Windows, hal ini akan membersihkan Clipboard.

Copy an Object

Menu Copy Objek di CorelDraw

Pilih Edit, Copy. Cara pintas dengan menakan tombol keyboard CTRL C. (Pelajari cara pintas untuk copy, cut dan paste Anda akan menggunakannya sepanjang waktu..) Anda juga dapat klik kanan pada satu objek untuk membuka menu pop-up. Pilih Copy. Copy pilihan Anda dipindahkan ke Clipboard, tetapi sebuah seleksi tetap dalam dokumen Anda. (Pindahkan objek yang diseleksi ke samping agar tidak bingung, karena langkah berikutnya adalah untuk paste kembali objek ke dalam dokumen Anda, dan akan tampil ke tempat yang sama.)

Paste an Image

Paste sebuah Image di CorelDaw

Pilih Edit, Paste, atau cara pintas dengan menakan tombol keyboard CTRL V. Anda juga dapat klik kanan pada layar. Sebuah menu pop-up akan muncul. Pilih Paste. Objek yang Anda dicopy kini tampil di layar komputer dan terseleksi.

Paste Outside CorelDraw

Paste diluar CorelDraw

Anda juga dapat paste objek yang di cut atau di copy dari CorelDraw ke aplikasi lain. Contoh di atas menunjukkan gambar kita dalam dokumen Microsoft Word. Petunjuk: Sementara cut dan paste akan sering bekerja antara program yang berbeda, biasanya akan lebih baik untuk mengekspor sebagai sebuah file grafis dari CorelDraw dan kemudian di impor ke dalam perangkat lunak  yang baru, dalam hal ini Microsoft Word.

Tags:

fungsi cut,perbedaan cut dan copy,perbedaan copy dan cut,kegunaan cut,perbedaan fungsi cut dan copy,perbedaan Cut dengan Copy,fungsi copy,fungsi cut dan copy,fungsi dari cut,fungsi copy dan paste,

PERHATIAN dan MOHON MAAF!

Setiap undangan yang belum tercantum daftar harganya pada blog ini, mohon maaf belum dapat kami produksi. Anda dapat klik pada website http://kamajaya.info/ untuk produk undangan yang siap kami produksi. 

Leave a Reply