Selecting Objects

kampanye-undangan-pernikahan-murah

Mengenal berbagai macam seleksi di CorelDraw. Ini adalah tutorial dasar yang memudahkan untuk belajar ketahap yang lebih lanjut. Dengan memahami seleksi-seleksi ini, diharapkan akan mempermudah dan memahami cara kerja Coreldraw dalam menyeleksi objek dan teks.

Select Objects Overview

Seleksi Objek CorelDraw

Dalam CorelDraw, Anda harus memilih salah satu objek sebelum Anda dapat menerapkan perubahan. Pilihan Anda akan memberitahu program efek apa yang  ingin  Anda terapkan pada obyek itu. Anda dapat memilih salah satu objek, sekelompok benda, atau seluruh halaman, dan apa pun yang Anda terapkan pada hasil seleksi  objek, akan terjadi pada semua obyek yang dipilih. Pick Tool adalah alat seleksi utama, yang digunakan untuk bergerak, mengubah ukuran, dan kebanyakan untuk menerapkan efek . Tool Shape,  adalah tool yang terutama untuk memilih dan memanipulasi node dalam objek. Tool Text digunakan untuk mengedit teks.

Select Single Object

Cara Select Single Object

Klik di manapun pada objek yang sudah ada fillnya untuk di seleksi. Jika objek yang tidak ada fillnya, klik pada outline untuk menyeleksi (lihat langkah berikutnya untuk mengubah default). Rangkaian atau terdapat 6 buah titik untuk mengontrol yang muncul di sekitar objek, artinya objek tersebut menandakan telah terseleksi. Status bar di bagian bawah layar akan memberitahu Anda  jenis objek apa yang Anda pilih, serta fill dan outline untuk objek yang dipilih. Perhatikan informasi ini, karena sangat penting ketika Anda bekerja dengan dokumen yang kompleks.

Select Items with No Fill

Tutorial Coreldraw Cara Select Items with No Fill

Sebuah objek tanpa fill, objek seperti ini harus dipilih dengan mengklik tepat pada garis outline tersebut. Untuk mengubah ini sehingga Anda dapat mengklik di manapun dalam objek tanpa fill, pilih Layout, Page Layout, Workspace, Toolbox, Pick Tool. Pilih Treat All Objects as Filled dari Options Pick Tool.  Sekarang sebuah objek tanpa fill, dapat dipilih dengan mengklik di mana saja selama masih dalam batas-batas objek.

Marquee Select

Tutorial CorelDraw Cara Marquee Select

Pilih Pick Tool. Klik dan Drag ke semua objek. Semua objek yang berada di dalam wilayah marquee akan terseleksi. Lepaskan klik kiri Anda dan  akan muncul 6 titik  untuk mengontrol di sekeliling semua objek yang terseleksi. Anda dapat melihat status bar untuk memperoleh infomasi objek yang terseleksi.

Multiple Select with SHIFT Key

Tutorial CorelDraw Cara menggunakan Multiple Select with SHIFT Key

Pilih Pick Tool. Klik salah satu objek untuk menyeleksi. Tekan dan tahan tombol SHIFT dan klik pada objek kedua. Cek status bar dan Anda akan melihat terdapata keterangan bahwa dua objek sedang diseleksi. Ulangi langkah ini sesuai kebutuhan. Ini adalah cara yang praktis untuk menyeleksi  beberapa objek. Marquee Select dapat  mengambil semua objek di satu area halaman. Dengan SHIFT Select, Anda dapat memilih salah satu atau semua benda di area halaman yang sama. Dalam contoh ini, persegi panjang dan lingkaran yang diseleksi.

Shape Tool Selecting

Tutorial CorelDraw cara Shape Tool Selecting

Pilih Shape Tool dari Toolbox. Klik pada objek. Perhatikan bagaimana menangani seleksi kini node menentukan bentuk objek. Juga, perhatikan informasi yang berbeda di status bar. Anda tidak dapat memindahkan atau mengubah ukuran dengan pilihan Shape Tool. Pilihan ini adalah untuk memindahkan dan mengubah bentuk node dalam objek. Anda hanya dapat memilih satu objek pada satu waktu dengan Shape Tool, dan Anda tidak dapat memilih sebuah objek yang merupakan bagian dari kelompok.

 Selecting Text

Tutorial CorelDraw Cara Selecting Text

Anda memiliki tiga pilihan ketika melakukan seleksi teks. Contoh diatas menunjukkan teks yang dipilih dengan Pick Tool, Shape Tool dan Text Tool. Dengan memilih Pick Tool text, teks adalah seperti objek lainnya. Bisa ditarik disetiap sudutnya. Shape Tool seleksi digunakan untuk memodifikasi setiap karakter, teks bisa direnggangkan, salah satu karakter bisa diturunkan dan di keataskan. Text Tool digunakan untuk mengedit isi teks. Pelajari lebih lanjut dan praktekan untuk mengenali bagaimana teks terlihat ketika diseleksi oleh masing-masing tools.

One Response

Leave a Reply