Tutorial Cara Membuat Kartu Ucapan Liburan Dengan CorelDRAW

Contoh Desain Kartu Liburan Happy Holidays!

CorelDRAW menawarkan banyak tools dan effects yang dapat Anda gunakan untuk membuat kartu ucapan liburan, seperti di atas.

Langkah pertama adalah membuat daun pinus, dimulai dengan jarum pinus tunggal. Anda dapat menggunakan Freehand tool atau Smart Drawing tool. Bentuk jarum pinus tidak perlu harus tepat, harus cukup tidak beraturan (lihat Gambar 2a).

Selanjutnya, mengisi jarum pinus dengan warna gradasi, dari warna hijau gelap ke warna sedikit lebih terang. Anda dapat menyesuaikan warna gradasi dengan menggunakan Fountain Fill dialog box atau Object Properties docker (lihat Gambar 2b).

Klik objek jarum pinus untuk mengaktifkan seleksi. Lalu klik lagi untuk mengaktifkan fitur rotasi, dan tarik pusat rotasi ke bagian bawah jarum (lihat Gambar 2c).

Tarik dari atas pinus jarum  itu untuk memutar, dan klik kanan sambil berputar untuk membuat duplikat (lihat Gambar 2d).

Tutorial Gambar 2

Gambar 2

Ulangi langkah sebelumnya, rubahlah sudut dan ukuran setiap objek (lihat Gambar 3a).

Kemudian, terus menambahkan pinus untuk cluster sehingga pinus mengikuti path yang imajiner (lihat Gambar 3b).

Gambar Daun Pinus Jarum

Gambar 3

Ketika Anda sudah menyelesaikan gambar daun itu setengah atau satu sisi, pilih semua jarum pinus sehingga semua objek terseleksi, kemudian kelompokan objek itu dengan menekan Ctrl + G. Setelah itu buat copy miror. Tekan dan tahan tombol Ctrl, drag ke kiri, dan klik kanan sebelum melepaskan untuk membuat duplikat (lihat Gambar 4).

Gambar Pinus Jarum di Miror

Gambar 4

Pindahkan cluster yang telah dicopy lebih dekat ke cluster yang asli, sehingga dua kelompok memberikan penampilan menjadi daun pinus tunggal. Tekan tombol + pada keypad numerik Anda untuk membuat duplikat, dan merentangkan duplikat itu untuk menebalkan cluster jarum pinus (lihat Gambar 5).

Catatan: Jika Anda menahan tombol Shift sambil menyeret pegangan kiri-tengah, peregangan akan simetris.

Gambar Phon Pinus Paku Sudah di Miror

Gambar 5

Gambarlah jarum pinus baru dan  berikan warna lebih ringan dari gradien hijau. Ulangi proses ini, tanpa menyalin setiap jarum, sampai Anda memiliki sebuah cluster baru (lihat Gambar 6a).

Berbagai ukuran jarum pinus akan memberikan cabang view yang lebih realistis (lihat Gambar 6b).

Posisikan, pinus jarum ringan baru di atas, jarum pinus asli gelap. Sekarang, kita telah memiliki cabang yang pinus yang realistis  (lihat Gambar 6c).

Gambar Pinus Jarum Duplikasi 3

Gambar 6

Gandakan cabang secara acak, berputar dan reposisi mereka untuk menciptakan efek menggantung. Gambarlah persegi panjang (F6), sekitar 7,73 “x 4,67″. Klik Effects > PowerClip > Place Inside Frame, dan klik di dalam kotak untuk menempatkan semua cabang.

Catatan: Jika Anda perlu untuk memposisikan cabang dalam bingkai, klik Effects > PowerClip > Edit PowerClip, dan kemudian sesuaikan posisi cabang sesuai yang diharapkan. Jika Anda sudah selesai, klik Effects > PowerClip > Finish Editing This Level.

Kita sekarang telah memiliki frame yang sudah jadi. (lihat Gambar 7).

Desain Gambar Pinus Jarum Clipart

Gambar 7

Langkah selanjutnya adalah membuat beberapa ornamen. Gambarlah lingkaran (F7), dan tahan Ctrl sambil membuat lingkaran. Dengan lingkaran yang dipilih, tekan M untuk menerapkan fill Mesh. Tarik warna pada obyek, dan rilis ketika Anda mencapai titik persimpangan dalam grid mesh (lihat Gambar 8).

Gambar Ornamen Bulat Cikal Bakal lampion

Gambar 8

Gandakan obyek yang sudah diberi warna, sesuaikan mesh dalam obyek, dan kemudian tambahkan Transparency pada beberapa node. Untuk langkah ini, Anda dapat memilih node secara acak dan menyesuaikan slider Transparansi pada property bar. Idenya adalah untuk menciptakan sebuah fill tidak teratur (lihat Gambar 9).

Gambar 9

Anda dapat menggabungkan beberapa lingkaran untuk menciptakan efek yang diinginkan (lihat Gambar 10).

Ornamen lingkaran Gambar Tutorial 10

Gambar 10

Selanjutnya, buat lingkaran dan batang untuk bagian atas ornamen. Untuk lingkaran, Anda dapat menarik dua lingkaran konsentris dan menggabungkan lingkaran itu dengan menekan Ctrl + L. Cara lain adalah dengan menggunakan hanya satu lingkaran dengan garis tebal, dan kemudian dikonversi ke obyek garis dengan menekan Ctrl + Shift + Q.

Untuk batang, Anda dapat menggunakan persegi panjang dan mengkonversi ke kurva. Kemudian kurva superior dan inferior, atau menambahkan sampul. Setelah selesai, tambahkan gradien. Sebagai contoh, salah satu Gold Cylinder preset  dari Fountain Fill dialog box (lihat Gambar 11).

Gambar Tutorial 11

Gambar 11

Langkah berikutnya adalah untuk alternatif warna ornamen. Daripada mengedit satu persatu, Anda dapat membuat lingkaran baru di atas ornamen yang ingin Anda ubah. Kemudian klik tool  Transparency, pilih Color dari daftar Transparency operation  pada property bar, dan pilih warna baru dari color palette. Anda bisa bereksperimen dengan mode transparansi lain dan warna untuk menciptakan efek yang berbeda (lihat Gambar 12).

Ornamen-Ornamen Warna-warni

Gambar 12

Sekarang kita siap untuk menambahkan kepingan salju untuk hiasan. Tekan Ctrl + F11 untuk membuka Insert Character docker. Pilih Wingdings dari list box Font, dan scroll melalui ikon sampai Anda menemukan kepingan salju. Tarik ikon snowflake dari docker ke jendela gambar.

Anda dapat menggunakan tool Envelope untuk mengadaptasi kepingan salju dengan bentuk ornamen (lihat Gambar 13).

Gambar Tutorial 13 Pemberian Efek Salju

Gambar 13

Anda juga dapat membuat desain sendiri untuk menghias ornamen, memanfaatkan tool-tool yang lain dan efek, seperti drop shadow, transparansi, dan PowerClip (lihat Gambar 14).

Gambar Tutorial 14 Lampion dihiasi Bintang

Gambar 14

Selanjutnya, mari kita menambahkan beberapa ornamen untuk cabang-cabang pinus berbingkai. Kita perlu untuk menarik beberapa baris untuk menghubungkan ornamen dengan cabang (lihat Gambar 15).

Gambar Tutorial 15 Daun Pinus Jarum Dan Ornamen Warna-warni

Gambar 15

Pada titik ini, kita perlu latar belakang untuk desain berbingkai. Sekali lagi, mengisi mesh fill akan memberikan hasil yang lebih baik, meskipun Anda juga bisa menggunakan air mancur atau lainnya. Anda dapat memilih warna untuk latar belakang. Dengan menggunakan mesh fill, Anda dapat membuat custom gradients, dengan pinggiran gelap dan warna tengah berwarna lebih terang (lihat Gambar 16).

Gambar Tutorial 16 Daun Pinus+Ornamen+Background

Gambar 16

Untuk meningkatkan background, mari kita tambahkan lingkaran putih. Kemudian, klik tool Drop Shadow untuk menerapkan drop shadow putih berpusat pada lingkaran. Pada property bar, pilih normal dari Transparency operation list box, Outside from theFeathering direction list box, dan kemudian mengatur Drop shadow opacity slider to 50%.

Kemudian, tekan Ctrl + K untuk memecahkan benda-benda  menjadi terpisah, sehingga lingkaran asli dan objek tembus yang baru (lihat Gambar 17).

Gambar Turial 17

Gambar 17

Sekarang Anda dapat menduplikasi objek tembus secara acak, mengubah ukuran dan posisi untuk membuat blurry snowdrop background (lihat Gambar 18).

Gambar Tutorial 18

Gambar 18

Selanjutnya, kita perlu menambahkan latar belakang desain berbingkai , menyesuaikan ukuran, urutan, dan jumlah lingkaran untuk membuat kedua lanskap salju atau latar belakang kabur. Latar belakang dapat sesederhana atau serumit yang Anda inginkan. Batasanya hanya imajinasi Anda (lihat Gambar 19).

Gambar Tutorial 19

Gambar 19

Langkah terakhir adalah untuk menambahkan teks untuk ucapan Anda, dan kemudian desain kartu liburan siap dicetak. Saya telah memilih font Candombe, tetapi Anda dapat menggunakan font yang terinstal pada PC Anda (lihat Gambar 20).

Happy Holidays!

Contoh Desain Kartu Liburan Happy Holidays!

170513_InviteFriend_LP_11

Tags:

cara membuat kartu ucapan,cara membuat kartu ucapan dengan corel draw,membuat kartu ucapan dengan corel draw,cara membuat kartu ucapan dengan coreldraw,cara membuat kartu ucapan menggunakan corel draw,membuat kartu ucapan dengan coreldraw,cara membuat kartu ucapan di corel draw,cara membuat desain kartu ucapan dengan corel draw,tutorial membuat kartu ucapan di corel,cara membuat kartu ucapan happy wedding,

Leave a Reply